Selasa, 29 Oktober 2013

PLN BERSIH, NO SUAP, NO GRATIFIKASI, NO KORUPSI



Pada tanggal 28 Oktober 2013, bertempat di Auditorium PT PLN Kantor Pusat. PLN Puslitbang menerima Piagam Penghargaan dari Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji. Piagam tersebut diberikan pada rangkaian perayaan Hari Listrik Nasional ke 68 sebagai penghargaan atas partisipasi dan kerja keras PLN Puslitbang sebagai Unit Pilot Project Implementasi Program PLN Bersih. PLN Puslitbang adalah salah satu dari 13 Unit Kerja PT PLN yang ditunjuk menjadi Pilot Project pada tahun 2013.
Program PLN Bersih adalah program yang dicanangkan oleh Direksi untuk menjadikan PLN sebagai perusahaan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Melalui Gerakan PLN Bersih tersebut diharapkan PLN dapat menjadi Perusahaan yang bebas dari Korupsi di tahun 2015. Pada saat yang sama juga diharapkan tercipta pegawai PLN yang kompeten, produktif, memiliki tata nilai dan etika kerja tinggi
 
Latar Belakang
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam.  Namun demikian setelah 68 tahun merdeka, Cita-cita kemerdekaan yang luhur untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur tidak tercapai. Bahkan semakin jauh.
Saat ini kondisi ekonomi dan kualitas Bangsa Indonesia bahkan sangat tertinggal dibandingkan kebanyakan  negara-negara yang merdekanya sesudah Indonesia.
Penyebab semakin tertinggalnya Indonesia, yang bahkan berpotensi menjadi negara  gagal adalah karena merajalelanya  korupsi. Virus korupsi berdampak sistemik, meracuni dan menghancurkan seluruh sendi kehidupan bangsa Indonesia. Selama bertahun-tahun Indonesia selalu menduduki peringkat atas sebagai Negara yang tingkat korupsinya sangat tinggi. Sungguh suatu peringkat yang sangat memalukan.


Koruptor telah merampok hak Bangsa untuk adil dan sejahtera. Koruptor bahkan telah memperhina harga diri segenap Bangsa Indonesia sehingga dikenal sebagai Maling, dikenal sebagai Bangsa yang korup oleh seluruh dunia. Apakah kita akan diam saja ? Dirampok habis-habisan oleh para koruptor ?  Dibenamkan harga diri sebagai Bangsa Maling dan Bangsa Korup ?
Apakah kita tetap berdiam diri dan tetap berteman dengan para koruptor ? Indonesia harus bangkit ! Bangkit melawan para koruptor ! Koruptor adalah musuh !!  Tidak musuh kepada koruptor berarti koruptor !!
PLN beruntung memiliki Direktur Utama yang sangat anti korupsi. Sejak tahun 2012 Pak Nur Pamudji pun mencanangkan gerakan anti korupsi di tubuh PLN. Beliau bercita-cita untuk membawa PLN menjadi perusahaan yang besar yang anti korupsi. Integritas Pak Nur Pamudji tidak diragukan untuk membawa perusahaan yang sangat besar ini menjadi lebih baik, bersih dan bebas korupsi. Beliau bahkan mendapat anugerah penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award pada awal Oktober 2013 ini.

Kegiatan PLN PUSLITBANG
Sesuai dengan program PLN Bersih yang dicanangkan oleh PLN Pusat, maka untuk tahun 2013 ini PLN Puslitbang ditunjuk sebagai salah satu Unit yang menjadi Pilot Project PLN Bersih.
Setelah berbagai sosialisasi dilakukan, maka berbagai program dan aktifitas PLN Bersih dilaksanakan oleh  PLN Puslitbang, yaitu sebagai berikut : 
1.   Awareness dan Upskilling Manajer Atas. Awareness dan Upskilling yang berlangsung pada tanggal 25 Maret 2013 di PLN Pusdiklat tersebut diikuti oleh Satri Falanu, Kepala PLN Puslitbang.
2.   Pembentukan Tim Change Agent PLN Bersih di Puslitbang tanggal 28 Maret 2013. Dengan Ketua : Jonny Havianto dan anggota-anggota : Musliman, Suharto Mardjan, Hamdan Hartono Alif, Gin Gin Ginanjar dan Azhari (Sekretaris).
3.   Kegiatan Awareness PLN Bersih kepada seluruh Pegawai Puslitbang, dilaksanakan 3 kali, yaitu pada 18 maret, 18 Juni dan 28 Juni 2013.
4.   Collective Action, yang merupakan gerakan dan pernyataan bersama dengan 25 Mitra Kerja PLN Puslitbang untuk melawan korupsi, pada 18 Juni 2013.
5.   Workshop tahap-1 untuk Change Agent PLN Bersih di PLN Pusdiklat pada tanggal 10 sampai 12 Juni 2013, diikuti oleh Jonny Havianto.
6.   Workshop tahap-2 untuk Change Agent PLN Bersih di PLN Pusdiklat pada tanggal 28  sampai 30 Agustus 2013, diikuti oleh Musliman dan Hamdan Hartono Alif.
7.   Sosialisasi Gratifikasi dan Whistle Blowing System pada tanggal 18 dan 28 Juni 2013.
8.   Survey Integritas Unit-unit PLN dilaksanakan oleh PLN Pusat dan Transparancy International Indonesia (TII) pada September 2013. 
9.   Penyusunan Potensi Gratifikasi, yang merupakan identifikasi proses bisnis PLN Puslitbang yang rawan terhadap gratifikasi dan korupsi disusun oleh Tim Change Agent bersama-sama Manajemen sebagai panduan perbaikan, dilaksanakan pada bulan September 2013 dan disampaikan kepada Manajer Senior Kepatuhan PLN Kantor Pusat pada tanggal 2 Oktober 2013.
10.     Assessment PLN Bersih di Puslitbang oleh Tim PLN Pusat dibantu oleh TII pada tanggal 8 Oktober 2013.
11.     Forum Multipihak yang melibatkan berbagai Stake Holder dan Mitra untuk mendukung Program PLN Bersih dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2013. Dalam forum ini diskusi untuk mewujutkan PLN Bersih langsung dipandu oleh Kapuslitbang. Sedangkan sebagai narasumber adalah Pak Rachmat Hidayat, Manajer Senior Kepatuhan PLN Kantor Pusat, Pak Hani Yulianto dan pak Dharma dan Transparancy International Indonesia.
Forum Multipihak


Tindak lanjut
Berbagai kegiatan PLN Bersih tahun ini telah dilakukan oleh PLN Puslitbang. Penghargaan juga telah diterima pada tanggal 28 Oktober 2013 kemarin. Namun lebih dari sekedar kegiatan formalitas yang sekedar memenuhi kewajiban PLN Puslitbang yang tercantum pada kontrak manajemen dan KPI (Key Performance Indicator), spirit dari gerakan PLN Bersih adalah membawa perusahaan yang besar ini sehingga menjadi penggerak perubahan (agent of change) di Indonesia, membawa harapan mewujutkan Indonesia yang maju, Indonesia yang unggul dan bebas dari korupsi.
Piagam Penghargaan

PR besar yang menanti PLN Puslitbang dan seluruh pegawai PLN di seantero tanah air adalah bekerja keras mewujutkan cita-cita yang luhur tersebut. Dalam jangka pendek bagi PLN Puslitbang adalah bagaimana agar berbagai langkah yang telah disusun pada peta potensi gratifikasi tidak hanya menjadi kertas kerja yang tidak bermakna dan selesai begitu saja setelah piagam penghargaan diraih. Hal yang lebih hakiki adalah menjadikan catatan dan rencana yang telah terwujut dapat dilaksanakan sehingga berbagai potensi gratifikasi dan korupsi yang mungkin terjadi dapat dihindari.
PLN Bersih.No Suap No Gratifikasi, No Korupsi.
Hebat !!!
Jakarta, 29 Oktober 2013
------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar